PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI OLAHAN PISANG SEBAGAI USAHA MENINGKATKAN PEREKONOMIAN DALAM PROGRAM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA(MBKM)

Main Article Content

Nurmala Dewi
Henny Andriyani Wirananda

Abstract

Usaha kewirausahaan mempunyai peran penting dalam peningkatan perekonomian suatu negara. Pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan untuk memberikan ide berjualan untuk warga Desa Liberia. Cara pembuatan sate pisang balado telah dilaksanakan dengan harapan warga dapat memanfaatkan olahan pisang menjadi produk yang berbeda dan menjadi daya Tarik baru misalnya saja dengan sedikit memodifikasi dan berinovasi dengan usaha makanan yang sudah ada dan sudah banyak keberadaannya disekitar kita. Setelah dilaksanakanya cara pembuatan dengan metode pre test, Pemahaman Materi, Pelatihan dan post test, masyarakat dapat menerapkan hasil yaitu mengetahui metode cara pembuatan sate pisang, mengetahui cara perhitungan biaya produksi. Buah pisang adalah salah satu jenis komoditi holtikultura dalam kelompok buah-buahan yang memiliki nilai sosial dan ekonomi cukup tinggi bagi masyarakat Indonesia pada umumnya. Manfaat buah pisang yang begitu besar bagi tubuh membuat pisang memiliki peluang usaha yang besar jika bisa diolah menjadi produk yang inovatif. Selain itu juga masyarakat tergerak untuk menjual sate pisang karena masih minimnya persaingan, sehingga masyarakat memiliki kesempatan yang baik untuk berjualan sate pisang balado ini.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Dewi, N., & Wirananda, H. A. (2023). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI OLAHAN PISANG SEBAGAI USAHA MENINGKATKAN PEREKONOMIAN DALAM PROGRAM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA(MBKM). Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 182-188. https://doi.org/10.32696/ajpkm.v7i1.2186
Section
Articles