PELATIHAN MODIFIKASI CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI SDN PETIR 1 DAN SDN PETIR 3

Main Article Content

Mintarsih Mintarsih
Erni Kurniasih
Hilda Festi
Ela Nurlaila
Musringudin Musringudin
Chairunnisa Minarni Alamsyah

Abstract

Media pembelajaran termasuk salah satu sumber belajar yang mendukung penciptaan kondisi belajar siswa yang menarik dan menyenangkan. Guru harus mengikuti perkembangan pembelajaran digital interaktif. Ini merupakan salah satu tantangan bagi guru dalam mengikuti perkembangan teknologi untuk memodifikasi pembelajaran yang lebih menarik minat para siswa. Canva digunakan sebagai sumber belajar untuk meningkatkan kemampuan guru dalam mengembangkan bahan ajar digital. Canva dapat digunakan oleh guru dengan memilih dan mengaplikasikan fitur yang tersedia sesuai dengan materi yang akan disampaikan kepada siswa. Metode pelaksanaan dalam pengabdian masyarakat ini melalui tiga tahap, yaitu tahap persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Hasil yang didapatkan dari pengabdian masyarakat ini adalah bahwa peserta pelatihan merasa terbantu dengan adanya pelatihan ini. Peserta yang merasa mudah mengoperasikan aplikasi canva yang sebelumnya hanya 30,6% setelah mengikuti pelatihan meningkat menjadi 84,6%. Artinya terdapat peningkatan kemampuan yang dialami peserta dalam penggunaan canva sebesar 53,8% setelah mengikuti pelatihan. Diharapkan setelah pelatihan ini para peserta dapat menerapkan pembuatan media pembelajaran canva dalam proses belajar mengajar sehari-hari di sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Mintarsih, M., Kurniasih, E., Festi, H., Nurlaila, E., Musringudin, M., & Alamsyah, C. M. (2023). PELATIHAN MODIFIKASI CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI SDN PETIR 1 DAN SDN PETIR 3. Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 38-44. https://doi.org/10.32696/ajpkm.v7i1.2107
Section
Articles