PENDAMPINGAN BELAJAR SISWA DALAM MEMAHAMI LINGKUNGAN UNTUK MEWUJUDKAN BUDAYA LINGKUNGAN

Main Article Content

Aminah Zuhriyah
Eka Rista Harimurti
Megawati Megawati

Abstract

Budaya lingkungan adalah pola perilaku manusia yang memiliki nilai dalam berinteraksi dengan lingkungannya yang dapat ditiru dan diturunkan oleh generasi selanjutnya. Tujuan pengabdian ini untuk mewujudkan budaya lingkungan siswa dengan memahami lingkungan sekitarnya. Kegiatan pengabdian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri Bantar Gebang 1 Kota Bekasi dengan mengikuti protokol kesehatan. Kegiatan pengabdian ini menggunakan metode survei untuk wawancara bersama guru, metode konvensional untuk menyampaian materi, model pemecahan masalah untuk menyelesaikan tugas dan mengoptimalkan kelompok piket untuk mewujudkan budaya lingkungan sekolah. Berdasarkan hasil kegiatan pengabdian, maka disimpulkan bahwa pendampingan belajar ini adalah siswa mampu menjelaskan masalah lingkungan terkini terkait kelangkaan tumbuhan dan hewan, dapat menjelaskan upaya pelestarian tumbuhan dan hewan berdasarkan lingkungan hidupnya, sehingga tumbuhan dan hewan yang dinyatakan punah dapat diselamatkan. siswa mampu mengubah perilakunya yang bijak dalam berinteraksi dengan lingkungan dan adanya keinginan mempelajari pendidikan lingkungan sehingga akan mudah terwujudnya budaya lingkungan untuk mencapai pembangunan berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Zuhriyah, A., Harimurti, E. R., & Megawati, M. (2023). PENDAMPINGAN BELAJAR SISWA DALAM MEMAHAMI LINGKUNGAN UNTUK MEWUJUDKAN BUDAYA LINGKUNGAN . Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 69-75. https://doi.org/10.32696/ajpkm.v7i1.1695
Section
Articles