PELATIHAN MENDESAIN KELAS LITERASI NUMERASI

Main Article Content

Maifit Hendriani
Ade Irma Suryani
Zutri Parwines
Sry Apfani
Rahmiatul Jannah

Abstract

Literasi numerasi siswa Indonesia masih rendah. Pernyataan ini berdasarkan hasil tes PISA dan TIMMS yang menunjukkan bahwa Indonesia berada di peringkat bawah. Salah satu strategi yang diusung pemerintah Indonesia untuk meningkatkan literasi numerasi siswa yaitu melalui Gerakan Literasi Numerasi (GLN) di sekolah dengan memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai media pembelajaran numerasi sehingga tercipta ekosistem yang kaya numerasi. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini yaitu meningkatkan pengetahuan dan melatih guru mendesain kelas bernuansa literasi numerasi di SDIT Padang Islamic School. Metode yang digunakan yaitu ceramah, tanya jawab, diskusi dan pendampingan pelatihan langsung mendesain kelas bernuansa literasi numerasi dengan jumlah peserta 40 orang guru. Hasil dari kegiatan ini bertambahnya pengetahuan dan pemahaman guru tentang literasi numerasi bagi siswa untuk kehidupannya di masa mendatang yaitu dari 45% (pre test) menjadi 95% (post test) dan hasil pendampingan langsung pelatihan kepada guru-guru di SDIT Padang Islamic School yaitu berhasil mendesain kelas bernuansa literasi numerasi sehingga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan numerasi siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Hendriani, M., Suryani, A. I., Parwines, Z., Apfani, S., & Jannah, R. (2022). PELATIHAN MENDESAIN KELAS LITERASI NUMERASI. Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 190-196. https://doi.org/10.32696/ajpkm.v6i2.1626
Section
Articles