PENINGKATAN PENGETAHUAN PEMASARAN UKM SEMPE ARUM MANIS BERBASIS WEBSITE

Main Article Content

Dimas Wibisono
Tri Rochmadi
Marsuking Marsuking
Kusumaningdiah Retno Setiorini
Zulfatun Ruscitasari

Abstract

Perkembangan revolusi industri 4.0 begitu cepat. Adanya pandemi covid-19 menjadi pembelajaran Usaha Kecil Menengah (UKM) untuk cepat beradaptasi dalam pemasaran digital. Pemasaran dilakukan berbasis website yang terkoneksi dengan media sosial lainya seperti instagram, facebook, dan youtube. Di Dusun Mangir Lor Bonyo, Berbah, terdapat UKM yang membuat produk makanan ringan bernama Sempe Arum Manis H.Ardi yang dijadikan sebagai mitra pada Program Kemitraan Masyarakat ini. Berdasarkan pengamatan, mitra belum mengetahui cara mengelola website yang terkoneksi dengan media sosial untuk menjangkau produk secara online ke seluruh wilayah di  Indonesia. Tim pengabdian masyarakat telah memberikan pelatihan dalam  pemasaran  produk makanan ringan sempe arum manis melalui internet yang dapat diakses dengan media sosial. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan menggunakan metode ceramah dan praktik yang terdiri dari pentingnya pemasaran online berbasis website dan media sosial dan praktik mengelola website ke instagram, facebook, dan youtube untuk pemasaran. Pelatihan berhasil meningkatkan pemahaman peserta kegiatan yang dapat dilihat dari hasil evaluasi dimana terjadi peningkatan pemahaman peserta dalam pemasaran produk sempe arum manis melalui website dan media sosial.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Wibisono, D., Rochmadi, T., Marsuking, M., Setiorini, K. R., & Ruscitasari, Z. (2022). PENINGKATAN PENGETAHUAN PEMASARAN UKM SEMPE ARUM MANIS BERBASIS WEBSITE. Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 83-87. https://doi.org/10.32696/ajpkm.v6i1.1364
Section
Articles