PENINGKATAN PENGETAHUAN PEMASARAN UKM SEMPE ARUM MANIS BERBASIS WEBSITE
Main Article Content
Abstract
Perkembangan revolusi industri 4.0 begitu cepat. Adanya pandemi covid-19 menjadi pembelajaran Usaha Kecil Menengah (UKM) untuk cepat beradaptasi dalam pemasaran digital. Pemasaran dilakukan berbasis website yang terkoneksi dengan media sosial lainya seperti instagram, facebook, dan youtube. Di Dusun Mangir Lor Bonyo, Berbah, terdapat UKM yang membuat produk makanan ringan bernama Sempe Arum Manis H.Ardi yang dijadikan sebagai mitra pada Program Kemitraan Masyarakat ini. Berdasarkan pengamatan, mitra belum mengetahui cara mengelola website yang terkoneksi dengan media sosial untuk menjangkau produk secara online ke seluruh wilayah di Indonesia. Tim pengabdian masyarakat telah memberikan pelatihan dalam pemasaran produk makanan ringan sempe arum manis melalui internet yang dapat diakses dengan media sosial. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan menggunakan metode ceramah dan praktik yang terdiri dari pentingnya pemasaran online berbasis website dan media sosial dan praktik mengelola website ke instagram, facebook, dan youtube untuk pemasaran. Pelatihan berhasil meningkatkan pemahaman peserta kegiatan yang dapat dilihat dari hasil evaluasi dimana terjadi peningkatan pemahaman peserta dalam pemasaran produk sempe arum manis melalui website dan media sosial.