PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN SFAE DAN ENE DALAM MENULIS KARANGAN DI SMK NEGERI I TELUK MENGKUDU DESA SIALANG BUAH KABUPATEN SERDANG BEDAGAI

Main Article Content

Mimi Rosadi
Sujarwo Sujarwo

Abstract

Mengenai hal tentang pendidikan di Sialang Buah saat ini khususnya satu sekolah yang
terdapat di sana yaitu SMK Negeri 1 Teluk Mengkudu, masih kurangnya pendidikan
karakter yang diterapkan oleh guru kepada siswa serta penggunaan strategi pembelajaran
yang terlalu monoton dengan model ceramah. Hal ini membuat siswa kurang aktif dalam
pembelajaran karena hanya mengandalkan guru dalam memahami materi-materi yang
diajar.Usaha sadar yang dilakukan oleh seorang guru dapat mempengaruhi karakter yang
mereka miliki. Pendidikan karakter tersebut dapat diwujudkan dalam kegiatan proses
pembelajaran dengan menerapkan strategi pembelajaran yang dapat membantu siswa
untuk mempermudah belajar mereka khususnya mata pelajaran bahasa Indonesia dalam
menulis karangan. Penerapan strategi pembelajaran yang akan diterapkan dalam
pembelajaran menulis karangan yaitu kombinasi antara strategi pembelajaran SFAE dan
ENE. Dalam hal ini pengusul berupaya untuk memperkenalkan startegi pembelajaran yang
mengkombinasikan strategi SFAE dengan ENE dalam mencapai hasil karangan yang
baik.Strategi pembelajaran SFAE merupakan strategi yang mengarahkan siswa untuk
mempresentasikan ide atau pendapatnya secara inovatif (Purnitawati, 2011:21).Siswa
diarahkan untuk menyampaikan pendapatnya setelah mendengarkan penjelasan dari
guru.Strategi SFAE dikombinasikan dengan strategi ENE dimana siswa diarahkan untuk
memperhatikan sebuah gambar yang ditampilkan dari OHP atau gambar-gambar dari
guru kemudian dituliskan ke dalam bentuk karangan dengan menggunakan strategi
pembelajaran SFAE.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Rosadi, M., & Sujarwo, S. (2017). PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN SFAE DAN ENE DALAM MENULIS KARANGAN DI SMK NEGERI I TELUK MENGKUDU DESA SIALANG BUAH KABUPATEN SERDANG BEDAGAI. Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 31-35. https://doi.org/10.32696/ajpkm.v1i1.13
Section
Articles