PELATIHAN RANCANGAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) BAGI GURU-GURU SMA/SMK SEDERAJAT DI KECAMATAN RUMBAI DAN RUMBAI PESISIR KOTA PEKANBARU

Main Article Content

M. Fadhly Farhy Abbas
Adolf Bastian

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini didasari dengan adanya kebutuhan guru-guru Sekolah Menengah Atas (SMA)/Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sederajat di Kota Pekanbaru untuk melakukan kegiatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan menuliskannya dalam bentuk usulan penelitian. Berdasarkan fakta tersebut, tim pelaksana merasa perlu untuk melakukan kegiatan ini yang bertujuan untuk memperluas pengetahuan guru tentang rancangan PTK serta meningkatkan kemampuan guru dalam menulis usulan PTK. Kegiatan ini dilakukan dalam 2 sesi. Pada sesi pertama, peserta diberikan materi tentang rancangan PTK. Selanjutnya, pada sesi kedua peserta diberikan pelatihan menulis usulan PTK. Kemudian, kemampuan peserta dalam menulis proposal dianalisis menggunakan rubrik penilaian, dan peserta juga diberikan angket untuk menilai sejauh mana penilaian mereka terhadap kegiatan pengabdian ini. Setelah kegiatan ini dilakukan, dapat ditemukan bahwa kemampuan peserta dalam menuliskan proposal PTK dikategorikan ke dalam kemampuan yang “baik”. Kemudian, berdasarkan hasil angket, dapat dikatakan bahwa peserta mendapatkan wawasan dan pengetahuan yang lebih banyak lagi. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa kegiatan ini dapat melatih dan menambah wawasan peserta tentang PTK. Berdasarkan hasil dan kesimpulan tersebut, tim menyarankan peserta agar lebih aktif dan teliti lagi mencari permasalahan/kesulitan belajar yang dihadapi oleh siswa dan mencari solusinya. Kemudian, guru sebaiknya meningkatkan lagi pemahamannya tentang PTK agar bisa melakukannya dengan maksimal.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Abbas, M. F. F., & Bastian, A. (2022). PELATIHAN RANCANGAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) BAGI GURU-GURU SMA/SMK SEDERAJAT DI KECAMATAN RUMBAI DAN RUMBAI PESISIR KOTA PEKANBARU. Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 59-63. https://doi.org/10.32696/ajpkm.v6i1.1244
Section
Articles