APLIKASI CONTEXTUAL TEACHING LEARNING DALAM MENGAKTIFKAN PESERTA DIDIK MAHIR PENGOLAHAN BAHAN KIMIA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI
Main Article Content
Abstract
Permasalahan mitra yang dikemukan adalah keterbatasan waktu dalam proses pembelajaran dalam mengetahui pembelajaran kimia yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari melalui bahan-bahan kimia yang terdapat dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan pelaksanaan ini adalah untuk mengetahuui bahan-bahan kimia yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari khususnya larutan asam basa dan meningkatkan kepercayaan diri dan interaksi social (softkills). Mitra dalam kegiatan proses ini adalah peserta didik Mts Lab IKIP Al Washliyah Sekolah Binaan UMN Al Washliyah dengan sampel 15 peserta didik, dengan menerapkan metode dengan aplikasi Contextual Teaching Learning (CTL) dengan pembelajaran dengan mengenal terlebih dahulu bahan-bahan kimia dalam sabun cair diantaranya Sodium Lauril Sulfat (SLS), STTP, Natrium Chloride and aquades serta pengharum, kegiatan juga memberikan kemampuan langsung dalam kelompok belajar, hingga merefleksi hasil yang diperoleh, sehingga peserta didik mampu menyelesaikan pertanyaan, dengan menggunakan teknik analisa untuk menilai kepercayaan diri dan interaksi social, dalam prosesnya mampu mengenal kimia, disimpulkan kedua faktor kepercayaan diri dan interaksi sangat mempengaruhi kegiatan dalam proses dan pengaplikasian contextual teaching learning sebesar 0.613.